oleh

Pemkot Tomohon-BSSN Jalin Kerja Sama Soal Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

Tomohon, CAKRAWALA – Pemkot Tomohon menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait pemanfaatan sertifikat elektronik. Penandatanganan dilakukan Wali Kota Tomohon di Aula BSSN, Depok, Rabu (25/05/2022).

Melalui kerjasama ini, pemanfaatan sertifikat elektronik khusus Pemkot Tomohon ini menjadi kebutuhan dalam melaksanakan aktivitas perkantoran untuk pengelolaan administrasi dan pelayanan publik pemerintah dengan penandatangan dokumen yang lebih mudah, cepat, aman, legal dimana saja kapan saja dapat dilakukan dengan penandatanganan secara elektronik.

BSSN  menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada masing-masing instansi serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sertifikat elektronik.

BACA JUGA :  Kembangkan Kemampuan, Poktan di Kayawu Diminta Memahami Arah dan Tujuan Organisasi

Drs Luki Hermawan MSi selaku Wakil Kepala BSSN berharap dengan pemanfaatan sertifikat elektronik ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses birokrasi sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang mudah diakses, tidak berbelit dalam proses data dan tersedianya data yang akurat.

“BSSN siap mendukung pelaksanaan penerbitan sertifikat elektronik, penyediaan pendampingan dan pemberian dukungan teknis apabila terjadi kesalahan penggunaan serta menyediakan dan juga mengevaluasi pelaksanaan Certificate Policy,” ujar Hermawan.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH mengatakan, penandatangan kerja sama ini dilakukan antara BSSN dengan 15 kabupaten/kota lainnya berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Transformasi Digital.

BACA JUGA :  Pandeirot Wakili Senduk di Ibadah Syukur Bukit Sion Kayawu

“Hal ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas, lebih efektif, efisiensi waktu biaya dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah kota khususnya pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Senduk didampingi Sekertaris Daerah Edwin Roring SE ME, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika NoVi Politon SE MM, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi pimpinan Christo Kalumata SSTP, Kepala Bagian Samuel Roeroe SSTP dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Nonny Petrus SS.

Komentar