oleh

Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi dan Rapat Pengusulan DAK Fisik 2021

5 Juni 2020
-Tomohon

Reporter: Redaksi | Editor: Redaksi

CAKRAWALLA – Pemerintah Kota Tomohon menggelar Sosialisasi dan Rapat Pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2021di Command Center, Jumat (05/06/2020).

Rapat melalui video conference dipimpin Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc didampingi Kepala Bapelitbang Drs Daniel Pontonuwu serta diikuti Asisten Perekonomian Ir Enos Pontororing MSi dan kepala perangkat daerah pengusul DAK Fisik tahun 2021.

Diungkapkan Lolowang, DAK terdiri dari fisik dan non fisik dimana DAK Fisik terdiri atas DAK Reguler dan DAK Penugasan. Afirmasi menjadi mainstreaming lokasi prioritas keberpihakan di DAK reguler dan DAK penugasan.

BACA JUGA :  5 Dari 44 di Tomohon Diresmikan Jadi Kelurahan Sadar Hukum

“Dilakukan refocusing bidang dan kegiatan DAk fisik agar capaian output dan outcome optimal. DAK reguler fokus pada pemenuhan pelayanan dasar yakni pendidikan dan kesehatan dan percepatan konektivitas,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, DAK reguler diperuntukkan bagi percepatan pembangunan Kawasan Barat Indonesia (KBI) dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Daerah afirmasi menjadi lokasi prioritas keberpihakan untuk 2.112 kecamatan di 181 kabupaten/kota.

BACA JUGA :  Indeks Pendidikan, Kandow Sebut Tomohon Nomor Satu di Sulawesi Utara

“DAK penugasan untuk lokasi prioritas tertentu (KBI dan KTI) sesuai target prioritas nasional. DAK non fisik terdiri dari pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan) serta non pelayanan dasar sesuai amanat perundangan dan direktif presiden,” beber Lolowang.

Dalam sosialisasi ini juga terungkap dua DAK non fFisik baru yaitu pengendalian penanaman modal dan perlindungan perempuan dan anak.

Komentar