Tomohon, CAKRAWALA – Perbaikan dan pembenahan terhadap seluruh sistem di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon yang dilakukan oleh direksi rupanya mulai membuahkan hasil yang berimbas pada kesejahteraan karyawan yang ikut meningkat.
Direktur PDAM Kota Tomohon Adrian Ngenget SE menyebutkan bahwa pembenahan yang dilakukan selama ini di tingkat internal diantaranya adalah membenahi sistem dengan membuat peraturan perusahaan dan juga melakukan survei serta yang lainnya.
“Nah ini dibuat untuk peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi tentunya. Dari sini setelah kita benahi dan memang ada konsekwensi di sana, ternyata hasilnya mulai dirasakan. Kita sekarang kerja berdasarkan target dan pencapaian namun yang paling utama sebenarnya adalah pemberian diri,” tuturnya.
Lebih lanjut dijelaskannya terkait bekerja berdasarkan target dalam pengertian adalah karyawan siap untuk bekerja lembur atau siap bekerja di luar waktu yang telah ditetapkan. “Jika setelah selesai jam kerja siap lembur begitu juga dengan hari sabtu tidak kerja namun lembur disitulah kita berikan tujangan lembur tunjangan kinerja,” ujar Boy sapaan akrabnya.
Di sisi lain, menurutnya hal ini juga tak lepas dari membaiknya cash flow perusahaan.
“Setelah cash flow kita membaik yang tak lepas dari membaiknya pelayanan tentu kita bisa memberikan stimulus, rangsangan kepada karyawan namun tetap mengacu pada target, kalau tercapai ada tunjangan dari perusahaan kepada seluruh karyawan. Dan untuk diketahui mulai Januari tahun ini pendapatan sudah stabil,” akunya.
“Reward-nya ini ke masing-masing karyawan seperti lembur itu ke pribadi dan ada juga ada yang umum usai target terpenuhi. Sistem penggajian juga saat ini sudah tepat waktu seperti gaji Juli itu dibayar di akhir bulan. Sudah normal, bahkan setelah kita membayar seluruh seperti operasional dan kebutuhan kantor, kita masih memiliki saldo di kas perusahaan,” pungkas Adrian.