oleh

Banteng Akhiri Dominasi Beringin di Pileg Tomohon, Head to Head Pilkada Sengit: 2-1

Tomohon, CAKRAWALA – Sembilan kali pesta demokrasi dengan perincian lima kali Pemilu Legislatif dan empat kali Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah diselenggarakan di Kota Tomohon sejak berdiri pada Tahun 2003 silam.

Pemilu 2004 merupakan Pemilu pertama memilih langsung wakil rakyat untuk duduk di DPRD yang digelar 5 April 2004 yang diikuti 24 partai politik. Partai Golkar sebagai pemenang dengan 8 calon legislatif terpilih dari 20 anggota DPRD Tomohon disusul PDI Perjuangan dengan 5 calon legislatif terpilih.

BACA JUGA :  Korban Banjir di Paslaten Dua Terima Bantuan dari Wali Kota Tomohon

Mirisnya, di Pilkada 2005, dua partai ini harus gigit jari akibat kandidat yang diusungnya menderita kekalahan telak dari pasangan Jefferson Rumajar SE dan Linneke Syennie Watoelangkow (15.473 suara). Partai Golkar mengusung Tony Kaunang-Maximianus Imbang dengan perolehan 8.169 suara dan PDI Perjuangan Johannes Mandagi-Wenny Lumentut 7.081 suara.

BACA JUGA :  Pisah Sambut Kajari Tomohon, Selamat Datang Mantan Kajari Belu

Partai Golkar tetap membuktikan sebagai ‘penguasa’ Tomohon usai tampil perkasa di tiga penyelenggaraan Pemilu Legislatif selanjutnya dengan pencapaian 8 kursi Tahun 2009, kemudian 7 kursi di 2014 dan 10 kursi pada Tahun 2019 dimana 10 kursi tersebut setengah dari total kursi di DPRD Kota Tomohon.

Komentar